Langsung ke konten utama

Melirik Transformasi Digital Perusahaan Pertambangan Menuju Industri yang Berkelanjutan

transformasi digital industri pertambangan

Hai moms!

Schneider Electric menggandeng AVEVA untuk berkolaborasi mendorong transformasi digital dan keberlanjutan perusahaan pertambangan dalam empat pilar, yakni efisiensi energi, peningkatan pengembalian investasi (yield), adopsi teknologi rendah emisi rumah kaca, dan proses hijau baru.

Seperti diketahui, transformasi digital dan keberlanjutan menjadi dua bahasan utama di industri pertambangan. Pasalnya, kedua topik tersebut berkaitan erat dengan peran industri dalam mengurangi jejak karbon.

Baca juga: Moms, Ini Pentingnya Digitalisasi untuk Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

Vice President (VP) North America, Mining, Minerals and Metals Segment Schneider Electric David Willick mengatakan, operasional perusahaan yang terintegrasi secara digital dapat mendukung asas keberlanjutan dengan menggabungkan kecerdasan teknologi.

Digitalisasi merupakan evolusi penting bagi industri sumber daya. Schneider Electric dan AVEVA berkomitmen untuk membantu. Bersama-sama, kami telah mendapatkan kepercayaan dari banyak perusahaan terkemuka di dunia dengan ribuan implementasi,” kata David dalam acara webinar yang digelar secara virtual, Kamis (15/7/2021).

Dekarbonisasi global, lanjutnya, juga bergantung pada produksi mineral dan komoditas yang berkelanjutan. Sektor pertambangan dan logam yang sehat pun sangat penting bagi ekonomi global, seperti pengurangan perubahan iklim, perlindungan lingkungan, dan ekonomi sirkular.

Schneider Electric dan AVEVA menyediakan teknologi yang dibutuhkan perusahaan untuk membuat keputusan tepat dari segi keberlanjutan,” jelas David.

Ya, teknologi memiliki peran penting dalam mendukung perusahaan pertambangan mencapai target keberlanjutan. Dengan penggunaan teknologi, perusahaan mendapatkan visibilitas serta kontrol lebih besar terhadap operasional mereka. Hal itu berkaitan dengan penghematan energi, penggunaan air, dan pengelolaan lingkungan.

Masalahnya, industri pertambangan sejauh ini dibatasi oleh infrastruktur lama, kekurangan data, dan kurangnya program pengoptimalan.

Baca juga: Schneider Electric Gelontorkan Investasi pada Xurya, Salah Satu Startup Energi Terbarukan di Indonesia

Oleh karena itu, Schneider Electric menghadirkan teknologi manajemen energi, sistem, dan layanan otomasi guna membantu industri pertambangan mencapai target keberlanjutan mereka.

Teknologi tersebut bisa digabungkan dengan solusi transformasi pertambangan digital dari AVEVA yang memungkinkan perusahaan tambang mengubah operasi penambangan konvensional menjadi bisnis yang lebih cerdas, tangguh, dan berkelanjutan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Schneider Electric: Indonesia Dapat Mengambil Peran Lebih Besar dalam Pengadaan Energi Terbarukan

Hai moms! Schneider Electric bersama perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional dari sektor komersial serta industri mendukungan untuk mendorong pengadaan energi terbarukan di Indonesia melalui Pernyataan Aspirasi Bersama. Perusahaan-perusahaan itu percaya bahwa kebijakan dan peraturan yang supportive dapat mendorong pengadaan energi terbarukan mencapai 50 persen dalam bauran energi pada 2045. Perbaikan kebijakan juga akan memberikan opsi pengadaan energi terbarukan yang sangat dibutuhkan untuk sektor komersial dan industri serta kesempatan kerja dan investasi baru. Baca juga:  Cara Membuat Dinding Rumah Tampil Stylish dengan Biaya Murah Pernyataan Aspirasi Bersama tersebut diselenggarakan dan dipimpin oleh Clean Energy Investment Accelerator (CEIA) di Indonesia. Selain Schneider Electric , sejumlah perusahaan, seperti Amazon, Body Shop, Columbia, Danone, grup H&M, Multi Bintang Indonesia, New Balance, Nike, Nutrifood, REI, Six Senses, dan VF Corporation juga turut

Era Digital, Data Center Harus Efisien dan Sustainable

  Hai moms, pada era digital kayak sekarang, pengelolaan data yang optimal, efektif, dan efisien sangat diperlukan. Oleh karena itu, peran data center atau pusat data menjadi begitu penting. Perlu diketahui, data center adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Tanpa adanya data center , data-data perusahaan atau individu banyak orang tak akan tersimpan dan hilang begitu saja. Kini, data center tak hanya harus aman dan mudah dijangkau, lebih dari itu, data center harus pula memenuhi persyaratan ramah lingkungan dan hemat energi. Hal itu sejalan dengan riset yang dilakukan oleh SchneiderElectri c dan 451 Research (bagian dari S&P Global Market Intelligence) dengan studi terbarunya bertajuk “Multi-tenant Data Centers and Sustainability: Ambitions and Reality”. Studi tersebut mengukur dampak efisiensi dan keberlanjutan terhadap bisnis penyedia layanan cloud

Cara Membuat Dinding Rumah Tampil Stylish dengan Biaya Murah

Halo moms! Mempercantik tampilan dinding rumah tidak melulu harus mengubah warna cat atau motif wallpaper . Tahukah moms bahwa aksen  stylish  pada dinding ruangan juga dapat diciptakan dengan mengubah tampilan sakelar dan stop kontak? Wow, menarik, ya? Tidak hanya itu, memperbarui sakelar dan stop kontak secara berkala juga berguna untuk menjaga perangkat elektronik di rumah lebih aman dan mencegah korslerting listrik. Baca juga:  3 Teknologi Schneider Electric Ini Bantu Industri Mamin Tempuh Transformasi Digital Untuk mewujudkan hal tersebut, Schneider Electric , perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan automasi menghadirkan AvatarOn . AvararOn merupakan rangkaian produk sakelar dan stop kontak dengan desain  stylish , personal, dan multifungsi. Produk tersebut cocok bagi moms yang menginginkan kombinasi estetika dan fungsional maksimal untuk kenyamanan rumah. Operational Offer Manager Schneider Electric Indonesia Niken Widyasti mengatakan, karakterist