Langsung ke konten utama

Era Digital, Data Center Harus Efisien dan Sustainable

 

data center dan cloud harus efektif dan sustainable

Hai moms, pada era digital kayak sekarang, pengelolaan data yang optimal, efektif, dan efisien sangat diperlukan. Oleh karena itu, peran data center atau pusat data menjadi begitu penting.

Perlu diketahui, data center adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Tanpa adanya data center, data-data perusahaan atau individu banyak orang tak akan tersimpan dan hilang begitu saja.

Kini, data center tak hanya harus aman dan mudah dijangkau, lebih dari itu, data center harus pula memenuhi persyaratan ramah lingkungan dan hemat energi.

Hal itu sejalan dengan riset yang dilakukan oleh SchneiderElectric dan 451 Research (bagian dari S&P Global Market Intelligence) dengan studi terbarunya bertajuk “Multi-tenant Data Centers and Sustainability: Ambitions and Reality”.

Studi tersebut mengukur dampak efisiensi dan keberlanjutan terhadap bisnis penyedia layanan cloud dan menemukan lima fokus utama untuk meningkatkan keberlanjutan pada layanan tersebut. Berikut hasilnya:

·         Mengoptimalkan distribusi daya listrik di data center

·         Meningkatkan infrastruktur distribusi daya listrik di data center

·         Mengoptimalkan efisiensi sistem pendingin data center, dan

·         Meningkatkan infrastruktur sistem pendingin data center

·         Efektivitas pemeliharaan dan modernisasi produk untuk memperluas dan mengoptimalkan siklus hidup fasilitas data center

“Efisiensi dan keberlanjutan data center sudah menjadi topik utama di sektor data center dan penyedia layanan multi-tenant data center (MTDC) di seluruh dunia,” ujar analis riset senior di 451 Research, Daniel Bizo.

Pada studi tersebut, mayoritas responden sebanyak 57 persen percaya bahwa efisiensi dan keberlanjutan akan menjadi faktor pembeda dalam meningkatkan daya saing dalam tiga tahun mendatang.

Meski demikian, hanya sekitar 43 persen responden yang mengatakan bahwa mereka memiliki inisiatif strategi keberlanjutan dan peningkatan efisiensi untuk infrastruktur mereka.

Adapun yang bisa menjadi penggerak utama dalam program efisiensi dan keberlanjutan penyedia jasa data center adalah ekspektasi pelanggan (50 persen), ketahanan operasional jangka panjang (40 persen), serta peraturan pemerintah (36 persen).

Baca juga: 6 Tips Menata Ruang Server Bagi Perusahaan

Terkait keberlanjutan, studi tersebut juga menemukan beberapa hal yang harus menjadi fokus operator data center terkait penyediaan layanan yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Sebagai informasi, studi tersebut mencakup insight terhadap lebih dari 800 penyedia layanan data center di seluruh dunia. Responden pun berasal dari berbagai negara, di antaranya Amerika Serikat, China, India, Australia, Perancis, Inggris, Meksiko, Brasil, Jepang, Singapura, Arab Saudi, Swedia, dan Denmark.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Schneider Electric: Indonesia Dapat Mengambil Peran Lebih Besar dalam Pengadaan Energi Terbarukan

Hai moms! Schneider Electric bersama perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional dari sektor komersial serta industri mendukungan untuk mendorong pengadaan energi terbarukan di Indonesia melalui Pernyataan Aspirasi Bersama. Perusahaan-perusahaan itu percaya bahwa kebijakan dan peraturan yang supportive dapat mendorong pengadaan energi terbarukan mencapai 50 persen dalam bauran energi pada 2045. Perbaikan kebijakan juga akan memberikan opsi pengadaan energi terbarukan yang sangat dibutuhkan untuk sektor komersial dan industri serta kesempatan kerja dan investasi baru. Baca juga:  Cara Membuat Dinding Rumah Tampil Stylish dengan Biaya Murah Pernyataan Aspirasi Bersama tersebut diselenggarakan dan dipimpin oleh Clean Energy Investment Accelerator (CEIA) di Indonesia. Selain Schneider Electric , sejumlah perusahaan, seperti Amazon, Body Shop, Columbia, Danone, grup H&M, Multi Bintang Indonesia, New Balance, Nike, Nutrifood, REI, Six Senses, dan VF Corporation juga turut

Cara Membuat Dinding Rumah Tampil Stylish dengan Biaya Murah

Halo moms! Mempercantik tampilan dinding rumah tidak melulu harus mengubah warna cat atau motif wallpaper . Tahukah moms bahwa aksen  stylish  pada dinding ruangan juga dapat diciptakan dengan mengubah tampilan sakelar dan stop kontak? Wow, menarik, ya? Tidak hanya itu, memperbarui sakelar dan stop kontak secara berkala juga berguna untuk menjaga perangkat elektronik di rumah lebih aman dan mencegah korslerting listrik. Baca juga:  3 Teknologi Schneider Electric Ini Bantu Industri Mamin Tempuh Transformasi Digital Untuk mewujudkan hal tersebut, Schneider Electric , perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan automasi menghadirkan AvatarOn . AvararOn merupakan rangkaian produk sakelar dan stop kontak dengan desain  stylish , personal, dan multifungsi. Produk tersebut cocok bagi moms yang menginginkan kombinasi estetika dan fungsional maksimal untuk kenyamanan rumah. Operational Offer Manager Schneider Electric Indonesia Niken Widyasti mengatakan, karakterist